Jumat, 19 Desember 2014

FISH BONE (Pengertian dan Definisi)

*FISH BONE DIAGRAM *

fishbone-iconFishbone diagram (diagram tulang ikan — karena bentuknya seperti tulang ikan) sering juga disebut Cause-and-Effect Diagram atauIshikawa Diagram diperkenalkan oleh Dr. Kaoru Ishikawa, seorang ahli pengendalian kualitas dari Jepang, sebagai satu dari tujuh alat kualitas dasar (7 basic quality tools). Fishbone diagram digunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuahteam cenderung jatuh berpikir pada rutinitas (Tague, 2005, p. 247).
Suatu tindakan dan langkah improvement akan lebih mudah dilakukan jika masalah dan akar  penyebab masalah sudah ditemukan. Manfaat fishbone diagram ini dapat menolong kita untuk menemukan akar penyebab masalah secara user friendly, tools yang user friendly  disukai orang-orang di industri manufaktur di mana proses di sana terkenal memiliki banyak ragam variabel yang berpotensi menyebabkan munculnya permasalahan (Purba, 2008, para. 1–6).
Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau  masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesibrainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.


                             *CONTOH BENTUK DASAR DIAGRAM FISH BONE*

fishbone-step4


Langkah 1: Menyepakati pernyataan masalah
a.Sepakati sebuah pernyataan masalah (problem statement). Pernyataan masalah ini diinterpretasikan sebagai “effect”, atau secara visual dalamfishbone seperti “kepala ikan”.
b.Tuliskan masalah tersebut di tengah whiteboard di sebelah paling kanan

Langkah 2: Mengidentifikasi kategori-kategori
a.Dari garis horisontal utama, buat garis diagonal yang menjadi “cabang”. Setiap cabang mewakili “sebab utama” dari masalah yang ditulis. Sebab ini diinterpretasikan sebagai “cause”, atau secara visual dalam fishboneseperti “tulang ikan”.
b.Kategori sebab utama mengorganisasikan sebab sedemikian rupa sehingga masuk akal dengan situasi.Kategori-kategori ini antara lain:

Kategori 6M yang biasa digunakan dalam industri manufaktur:
-Machine (mesin atau teknologi),
-Method (metode atau proses),
-Material (termasuk raw material, consumption, dan informasi),
-Man Power (tenaga  kerja atau pekerjaan fisik) / Mind Power (pekerjaan pikiran: kaizen, saran, dan sebagainya),
-Measurement (pengukuran atau inspeksi), dan
-Milieu / Mother Nature (lingkungan).
Kategori 8P yang biasa digunakan dalam industri jasa:
-Product (produk/jasa),
-Price (harga),
-Place (tempat),
-Promotion (promosi atau hiburan),
-People (orang),
-Process (proses),
-Physical Evidence (bukti fisik), dan
-Productivity & Quality (produktivitas dan kualitas).
Kategori 5S   yang biasa digunakan dalam industri jasa:
-Surroundings (lingkungan),
-Suppliers (pemasok),
-Systems (sistem),
-Skills (keterampilan), dan
-Safety (keselamatan).

Langkah 3: Menemukan sebab-sebab potensial dengan cara brainstorming
a.Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.
b.Saat sebab-sebab dikemukakan, tentukan bersama-sama di mana sebab tersebut harus ditempatkan dalam fishbone diagram, yaitu tentukan di bawah kategori yang mana gagasan tersebut harus ditempatkan, misal: “Mengapa bahaya potensial? Penyebab: Karyawan tidak mengikuti prosedur!” Karena penyebabnya karyawan (manusia), maka diletakkan di bawah “Man”.
c.Sebab-sebab ditulis dengan garis horisontal sehingga banyak “tulang” kecil keluar dari garis diagonal.
d.Pertanyakan kembali “Mengapa sebab itu muncul?” sehingga “tulang” lebih kecil (sub-sebab) keluar dari garis horisontal tadi.
Satu sebab bisa ditulis di beberapa tempat jika sebab tersebut berhubungan dengan beberapa kategori.

Langkah 4: Mengkaji dan menyepakati sebab-sebab yang paling mungkin
a.Setelah setiap kategori diisi carilah sebab yang paling mungkin di antara semua sebab-sebab dan sub-subnya.
Jika ada sebab-sebab yang muncul pada lebih dari satu kategori, kemungkinan merupakan petunjuk sebab yang paling mungkin.
b.Kaji kembali sebab-sebab yang telah didaftarkan (sebab yang tampaknya paling memungkinkan) dan tanyakan , “Mengapa ini sebabnya?”
c.Pertanyaan “Mengapa?” akan membantu kita sampai pada sebab pokok dari permasalahan teridentifikasi.
d.Tanyakan “Mengapa ?” sampai saat pertanyaan itu tidak bisa dijawab lagi. Kalau sudah sampai ke situ sebab pokok telah terindentifikasi.Lingkarilah sebab yang tampaknya paling memungkin pada fishbone diagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar